LightBlog

soal-soal  bahasa Indonesia 2014  Cermatilah paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2! Beberapa tahun terakhir ini, banya...

soal-soal bahasa indonesia 2014

soal-soal  bahasa Indonesia 2014 

Cermatilah paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2!

Beberapa tahun terakhir ini, banyak sekali atlet yang berprestasi, baik nasional maupun internasional, tidak bisa hidup layak di masa tuanya. Ellyas Pical adalah salah satu contoh dari ribuan atlet berprestasi internasional yang sangat memperihatinkan di masa tuanya. Ia bekerja sebagai Satpam pada sebuah perusahaan di jakarta. Hal itu mengundang keprihatinan karena tiadanya jaminan di hari tua bagi para atlet berprestasi yang telah mengharumkan nama bangsa dan negara. ....

1. Kalimat kesimpulan dalam paragraf tersebut adalah ...
A. Beberapa tahun terakhir ini, banyak sekali atlet yang berprestasi baik  nasional maupun internasional, tidak bisa hidup layak di masa  tuanya.
B. Ellyas Pical adalah salah satu contoh dari ribuan atlet berprestasi  internasional yang sangat memprihatinkan di masa tuanya.
C. Ia bekerja sebagai Satpam pada sebuah perusahaan di Jakarta.
D. Hal itu mengundang keprihatinan karena tiadanya jaminan di hari tua  kepada para atlet berprestasi yang telah mengharumkan nama  bangsa dan negara.
E. Untuk itulah pemerintah perlu memperhatikan masa tua para atlet  berprestasi dengan memberikan penghargaan yang layak untuk hari tuanya.
2. Tujuan penulisan dalam paragraf tersebut adalah ...
A. Menjelaskan kesulitan hari tau para atlet setelah mereka tidak  berprestasi.
B. Menggambarkan kehidupan para atlet setelah mereka tidak  berprestasi.
C. Mengingatkan para atlet agar gemar menabung sehingga hari tuanya  bahagia dan damai.
D. Mengimbau pemerintah untuk memberikan perhatian terhadap hari  tua para atlet berprestasi.
E. Menginformasikan keberadaan beberapa atlet berprestasi di  Indonesia saat ini.

Cermatilah tabel berikut untuk soal nomor 3 dan 4!

Produksi Jagung (dalam ton)
No.
Tahun
Hasil Jagung
1
2007
560,800
2
2008
545,723
3
2009
940,630
4
2010
590,735
5
2011
571,244
6
2012
621,450
7
2013
640,600

3. Pernyataan yang sesuai dengan data dalam tabel tersebut adalah ....
A. Produksi jagung setiap tahun mengalami penurunan.
B. Peningkatan produksi jagung tertinggi terjadi pada tahun 2009.
C. Produksi jagung terendah terjadi pada tahun 2007 dan 2010.
D. Produksi jagung tahun 2011 lebih tinggi daripada tahun 2010.
E. Tahun 2013 produksi jagung meningkat paling tinggi.
4. Simpulan yang sesuai dengan isi tabel tersebut adalah ...
A. Produksi jagung mengalami peningkatan karena adanya bibit unggul.
B. Produksi jagung sejak tahun 2007 selalu mengalami peningkatan.
C. Terjadi pasang surut (naik-turun) produksi jagung pada 2007-2013.
D. Sejak tahun 2007-2013 terjadi penurunan produksi jagung empat  kali.
E. Produksi jagung terendah terjadi pada tahun 2007 dan 2009.

Bacalah tajuk rencana berikut dengan seksama untuk menjawab pertanyaan nomor 5 dan 6!

Secara nasional, penyebaran penduduk dan tingkat sosial-ekonomi tidak merata dianggap sebagai ancaman terhadap ketahanan nasional. Karena itu, pengendalian pertumbuhan penduduk harus serius dilakukan. Indonesia pernah berhasil menurunkan jumlah penduduk, dari 2,32 persen pada 1970 menjadi 1,45 persen pada tahun 2000, tetapi naik kembali 1,49 persen sampai kini.
Pertumbuhan penduduk yang tidak terkendali berdampak pada kualitas manusia dan daya saing Indonesia. Pendidikan 47,3 persen dari 118 juta angkatan kerja kita hanya tamat SD dan 18,5 lulus sekolah menengah pertama. Hal ini tercermin pada lapangan pekerjaan, hampir 56 persen berada di sektor informal yang beresiko tinggi.
Tanpa upaya yang serius, kita akan gagal mendapatkan manfaat terbesar bonus demografi yang puncaknya pada tahun 2025-2030, yaitu saat jumlah penduduk usia produktif lebih besar daripada penduduk usia muda dan lanjut. Tanpa pengendalian jumlah penduduk, keluarga kehilangan kesempatan membiayai pendidikan serta memelihara kesehatan dan gizi keluarga, gagal menabung yang diperlukan untuk modal pembangunan, dan tidak mampu bersaing di pasar kerja yang akan segera terbuka secara regional.

5. Opini redaksi terdapat dalam kutipan tajuk rencana tersebut adalah ...
A. Banyaknya penduduk menghilangkan kesempatan membiayai  pendidikan.
B. Upaya pengendalian jumlah penduduk, harus serius dilakukan  pemerintah.
C. Keberhasilan Indonesia menurunkan jumlah penduduk perlu  diapresiasi.
D. Pemeliharaan kesehatan dan gizi keluarga sangat penting dilakukan.
E. Penduduk usia produkstif lebih besar daripada penduduk usia lanjut.
6. Pihak yang dituju oleh redaksi dalam tajuk rencana tersebut adalah ....
A. Pemerintah Indonesia
B. Penduduk usia anak-anak
C. Penduduk usia lanjut
D. Penduduk usia produktif
E. Penduduk usia sekolah

Paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 7 s.d 9.
Bacalah dengan seksama!

(1) Tawa riuh para penonton di Gedung Societe Yogyakarta muncul setelah pelawak Marwoto Kewer dan Susilo Nugroho (pendiri Teater Gandrik) menghidupkan suasana panggung. (2) Lelucon dan canda juga keluar saat Yani Sapto Hoedojo, yang menjadi Nyonya Belanda dari Banyumas memainkan perannya. (3) Selain mereka, ada pula pemain ketoprak, Widayat, yang berperan sebagai bupati. (4) Juga Sundari, sang istri, yang begitu luwes memainkan perannya. (5) Semua pemain ketoprak benar-benar memberikan hiburan yang menyenangkan dan menyegarkan.

7. Kalimat utama pada paragraf tersebut terdapat pada nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
8. Kalimat yang berisi fakta dalam paragraf terdapat pada nomor ...
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (3), dan (5)
C. (2), (3), dan (4)
D. (2), (4), dan (5)
E. (3), (4), dan (5)
9. Arti kata ketoprak dalam kalimat nomor (3) pada paragraf tersebut adalah...
A. Makanan khas Jakarta
B. Tarian tradisional Jawa Tengah
C. Gerak dan lagu khas Jawa Timur
D. Drama tradisional Jakarta
E. Sandiwara tradisional Jawa Tengah
10. Cermati paragraf berikut!

(1) Banjarmasin dikenal dengan julukan Kota Seribu Sungai. (2) Ada banyak sungai yang mengelilingi Kota Banjarmasin. (3) Mulai dari Sungai Martapura, Sungai Andai, Sungai Miai, hingga Sungai Barito. (4) Di sungai banyak anak mandi dan berenang. (5) Tak heran, jika keberadaan sungai tidak asing bagi masyarakat Banjarmasin.

Kalimat penjelas yang tidak padu dalam paragraf tersebut terletak pada nomor ..... 
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)




Paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 11 dan 12.
Bacalah dengan seksama!

Salah satu jenis sayuran yang mengandung multikhasiat adalah terong. Terong mempunyai khasiat sebagai antikejang, antikanker, dan penghalau gangguan pembuluh darah. Karena kandungan striknin, skopaletin, dan skoparon yang dapat menghambat serangan sawan, gugup atau kejang syaraf, terong bisa digunakan untuk mencegah dan mengobati serangan epilepsi dan penyakit kejang lainnya. Terong yang telah dikeringkan bila dikonsumsi dapat mengobati sakit pinggang, encok, dan sakit nyeri lainnya. Penelitian di jepang menunjukkan bahwa jus terong bisa menekan kerusakan sel-sel dengan penyimpangan kromoson sebagai pertanda adanya kanker.

11. Ide pokok paragraf tersebut adalah ....
A. Multikhasiat terong
B. Penelitian terong di Jepang
C. Penelitian terong
D. Manfaat jus terong
E. Kandungan zat dalam terong
12. Apa manfaat terong yang dikeringkan?
A. Dapat mengobati penyakit kanker yang ganas.
B. Berkhasiat mengobati penyakit kejang pada manusia.
C. Dapat mengahalau gangguan pembuluh darah ditubuh.
D. Mengobati penyakit pinggang, encok, dan nyeri lainnya.
E. Menghambat serangan sawan, gugup, atau kejang saraf lainnya.



Bacalah kutipan teks sastra Melayu Klasik berikut dengan seksama untuk menjawab soal nomor 13 dan 14!

Syahdan maka Maharaja Bulia Kesna pun segeralah berenang di tengah kolam itu. Setelah sampai lalu Baginda berhenti berpegang pada pohon bunga itu. Seketika maka diambil oleh Baginda bunga itu, dibawanya berenang kembali pada isterinya. Setelah sampai maka diberikannya kepada isterinya. Maka disambut oleh permaisuri dengan sukanya lalulah disantap Baginda laki-istri. Setelah sudah maka titah Baginda, “Marilah Tuan, kita turun mandi menyelam sama-sama!” Serta dipegang Baginda tangan isterinya itu dibawanya menyelam dalam air itu. Seketika timbul maka Baginda laki-istri pun menjadi gajah terlalu besarnya serta indah-indah rupanya. Setelah maharaja Bulia Kesna laki-istri melihat akan halnya sudah menjadi gajah itu, kalakian maka keduanya pun heran akan dirinya serta salahnya mandi ke dalam kolam itu.

13. Karakteristik sastra Melayu Klasik yang menunjukkan kejadian yang  mustahil adalah ...
A. Raja berenang ke tengah kolam dengan berpegang pada pohon  bunga.
B. Raja memerik bunga di tengah kolam untuk diberikan kepada  isterinya.
C. Raja dan permaisuri bersama-sama mandi di kolam sesudah makan.
D. Raja dan permaisuri menjadi gajah setelah menyelam di kolam.
E. Keheranan raja atas perubahan dirinya menjadi gajah besar.
14. Nilai moral yang terdapat pada kutipan tersebut adalah ....
A. Suami-istri melakukan pekerjaan bersama-sama
B. Suami-istri saling berbagi suka dan duka.
C. Suami menuruti permintaan isteri tercinta.
D. Suami-istri makan bersama-sama setiap saat.
E. Kebahagiaan istri atas kesuksesan suaminya.

Kutipan biografi berikut untuk soal nomor 15 dan 16. Bacalah dengan seksama!

Leo Tolstoy lahir di Rusia, 28 Agustus 1828 dari sebuah keluarga ningrat. Meskipun demikian, ia tidak angkuh dan tidak ingin dihormati. Ia malah dikenal sebagai filsuf moral dan reformator sosial. Tolstoy rela hidup ditengah kaum petani. Ia membebaskan para budak yang akhirnya malah tetap tinggal dengan tuannya yang baik hati ini. Ia pun lalu membentuk sekolah untuk anak petani di daerahnya. Kehidupan dari pengembaraannya itu, hatinya dipenuhi rasa muak akan peradaban barat dan materialisme dalam kehidupan masyarakat borjuis Eropa. Kaum ningrat, bangsawan kaya yang hidup dalam kemewahan, ternyata tidak selamanya memperoleh semua kekayaan itu dengan cara yang benar. Novel pertamanya yang berbentuk autobiografi yaitu Childhood, Boyhood and Youth menceritakan tentang anak tuan tanah kaya yang menyadari perbedaan dirinya dengan teman-temannya yang berasal dari golongan petani.

15. Keteladanan tokoh Leo Tolstoy yang sesuai dengan kutipan tersebut  adalah ...
A. Menulis buku moral autobiografi
B. Menjadi filsuf moral dan reformator sosial
C. Mengembara berkeliling Eropa Barat
D. Membebaskan budak dan mendirikan sekolah
E. Hidup di tengah kaum petani dan ingin dihormati
16. Konflik yang dialami tokoh pada kutipan biografi tersebut adalah ...
A. Ia lahir dalam lingkungan keluarga ningrat yang kaya raya.
B. Tolstoy justru lebih dikenal sebagai filsuf moral dan reformator  sosial.
C. Ia muak melihat peradaban barat dan materialisme masyarakat boruis  Eropa.
D. Tolstoy membebaskan para budak, tetapi mereka itu tidak mau pergi.
E. Ia melihat kemewahan kaum bangsawan yang suka berfoya-foya.

17. Cermatilah gurindam berikut!

Dengan ibu hendaklah hormat
Supaya badan dapat selamat

(Gurindam XII, Raja Ali Haji)

 Isi gurindam tersebut adalah nasihat kepada seorang anak agar ....
A. Menghormati ibu untuk keselamatan diri sendiri
B. Menghormati orang tua yang telah membesarkan kita
C. Menggembirakan orang tua dengan menyenangkannya
D. Menyelamatkan ibu yang telah berkorban untuk kita
E. Menghargai ibu menggembirakan menyelamatkan kita
   
18. Cermati puisi berikut!

AIR MATA BOLA BASKET
Air mata bola basket dalam kaset.....
Air mata bola basket dalam.....
Air mata bola basket......
Air mata bola......
Air mata...
Air...
A
I
R
M
A
T
A
Bola basket dalam kaset
(Ghanis A.)

Puisi tersebut termasuk puisi kontemporer karena memiliki ciri yang menonjol yaitu...
A. Diksinya tidak teratur
B. Kekhasan tipografi
C. Tidak jelas maksudnya
D. Tidak menggunakan majas
E. Mengutamakan permainan kata

Cermati puisi berikut untuk soal 19 s.d 21!

Tuhan, Kita Begitu Dekat
Karya Abdul Hadi W.M

Tuhan 
Kita begitu dekat
Seperti api dengan panas
Aku panas dalam apimu


Tuhan 
Kita begitu dekat
Seperti kain dengan kapas
Aku kapas dalam kainmu

Tuhan
Kita begitu dekat
Seperti angin dengan arahnya
Kita begitu dekat

Dalam gelap
Kini nyala
Pada lampu padammu

19. Suasana yang terungkap dalam puisi tersebut adalah ....
A. Pilu
B. Terancam
C. Hening
D. Takut 
E. Sendu
20. Makna kata kapas dalam baris keempat bait kedua melambangkan.....
A. Benang
B. Manusia
C. Bunga
D. Benda
E. Tumbuhan
21. Maksud isi larik yang dicetak miring dalam puisi tersebut adalah ....
A. Ketakutan seorang hamba dengan Tuhannya
B. Ketaatan seseorang terhadap Tuhan
C. Kebimbangan seseorang terhadap Tuhannya
D. Seseorang yang bersungguh-sungguh
E. Seseorang yang sedang menyesali dirinya

Kutipan novel berikut untuk mengerjakan soal nomor 22 s.d. 24. Bacalah dengan seksama!

Bu Mus mulai terdengar seperti warta berita RRI pukul 7. Lintasan berita: “Nilai-nilai ulanganmu merosot tajam. Kita akan segeram menghadapi ulangan catur wulan ketiga. Setelah itu catur wulan terakhir menghadapi Ebtanas. Nilaimu bahkan tak memenuhi syarat untuk melalui catur wulan ketiga ini. Jika nanti ujian antaramu masih seperti ini, Ibunda tidak mengizinkanmu ikut kelas catur wulan terakhir. Itu artinya kamu tidak boleh Ebtanas.”
.......
Suasana kelas menjadi tegang. Kami harap Mahar segera minta maaf dan menyatakan pertobatan; tapi sungguh sial, ia malah menjawab dengan nada bantahan. 
“Aku mencari hikmah dari dunia gelap Ibunda dan penasaran karena keingintahuan. Tuhan akan memberiku pendamping dengan cara misterius...”
Kurang ajar betul. Bu Mus bersusah payah menahan emosinya. Aku tahu beliau sebenarnya ingin langsung melabrak Mahar. Air mukanya yang sabar menjadi merah. Beliau segera keluar ruangan menenangkan dirinya.
(Laskar Pelangi, Andrea Hirata)

22. Watak tokoh Bu Mus dalam kutipan tersebut adalah...
A. Rajin dan tegas
B. Jujur dan ramah
C. Tegas dan sabar
D. Jujur dan bijaksana
E. Sabar dan bertanggung jawab
23. Watak tokoh Mahar dalam kutipan tersebut dideskripsikan melalui cara....
A. Tingkah laku tokoh
B. Suasana di sekitar tokoh
C. Pendapat tokoh lain
D. Uraian langsung
E. Uraian fisik tokoh

24. Kutipan tersebut mempunyai latar cerita dunia pendidikan. Hal tersebut dibuktikan dengan pemakaian kata-kata....
A. Nilai ulangan, caturwulan, Ibunda
B. Nilai ulangan, Ebtanas, kelas
C. Caturwulan, Ebtanas, Ibunda
D. Ibunda, menjawab, ruangan
E. Kelas, ujian, keingintahuan

Cermatilah soal berikut untuk soal nomor 25 dan 26!

Pada suatu petang matahari tiba-tiba memantulkan sinarnya menerobos awan dan seekor burung kesiangan mulai berkicau. Waktu Kyoto tiba di kebunnya, daun-daun sayur mengkilap seperti baru digosok layaknya. Awan berwarna merah muda yang menggumpal di puncak-puncak pegunungan itu mempesonanya. Ia terkejut sewaktu mendengar suaminya tiba-tiba memanggilnya, dan tergesa-gesa ia ke atas, tanpa menunggu tangannya yang penuh lumpur dicuci dulu. Suaminya terengah-engah karena pemusatan tenaga yang dibutuhkan untuk berteriak memanggilnya.
“Aku memanggil dan memanggil! Apa kau tidak dengar?”
“Aku sangat menyesal!”
“Berhentilah dengan kerjamu di kebun itu! Bila aku tiap kali harus berteriak  memanggilmu, dalam sekejap saja aku akan mati. Lagi pula aku tidak bisa  melihat di mana kau berada dan apa yang kau lakukan”.
“Aku bekerja di kebun sayur. Tapi kalau tidak suka aku akan berhenti  bekerja.”
Suaminya menjadi agak tenang.

25. Keterkaitan watak tokoh istri seorang yang patuh terhadap suami pada cerita  dengan kehidupan sehari-hari adalah ....
A. Seorang istri akan selalu menuruti kehendak suaminya.
B. Suami yang membatasi kehidupan dan pekerjaan istrinya.
C. Suami merasa tenang jika mengetahui keberadaan istrinya.
D. Suami selalu memerlukan bantuan dari istrinya.
E. Suami melarang istrinya bekerja di kebun orang lain.
26. Konflik pada suami yang terdapat dalam cerita adalah...
A. Suami terengah-engah karena pemusatan tenaga untuk berteriak.
B. Ia terkejut ketika tiba-tiba suaminya memanggilnya.
C. Kekhawatiran suami karena tidak mengetahui keberadaan istrinya.
D. Seorang suami tidak mengetahui keberadaan istrinya.
E. Istri memutuskan berhenti bekerja di kebun sesuai permintaan  suaminya.

27. Cermati kutipan naskah drama berikut!

01 Senah : “kau belum tidur juga? Kukira sudah larut malam. 
  Beristirahatlah, besok kan hari kerja”
02 jamil : “Sebentar Saenah. Seluruh tubuhku memang sudah lelah, 
  Tetapi pikiranku masih mengambang ke sana ke mari. Biasa, kan aku begini malam-malam.”
03 Saenah : “Baiklah. Tapi boleh aku ketahui apa yang kau pikirkan    malam ini?”
04 Jamil : “Semuanya. Semua apa yang kupikirkan selama ini sudah   terekam dalam buku harianku, Saenah. Perjalanan hidup   seorang guru muda yang ditempatkan di daerah terpencil,   seperti ini kini merupakan lembaran-lembaran terbuka bagi   semua orang.”
05 Saenah : “Kenapa baru kini kau beritahukan hal ini kepadaku? Kau   seakan-akan menyimpan suatu rahasia. Atau memang rahasia?”

Masalah yang dibicarakan dalam kutipan naskah drama tersebut adalah .....
A. Kesulitan tidur malam pada seorang
B. Perjalanan seorang guru di sebuah desa
C. Kelelahan seorang guru muda
D. Suatu rahasia guru muda
E. Penempatan seorang guru di daerah terpencil

28. Perhatikan paragraf berikut!

Membangun perekonomian sebuah bangsa, idealnya tidak hanya dengan economic global policy yang berorientasi pada ekspor semata, tetapi juga pada pasar domestik. Meningkatkan dan memperkuat pasar domestik adalah sebuah pilihan tepat di tengah kondisi perekonomian negeri saat ini. Pasalnya, bila orientasi perekonomian hanya mengacu kepada ekspor semata imbas akan didapat saat krisi ekonomi global terjadi. Kosekuensinya jelas,.... Dalam situasi seperti inilah pasar domestik mengambil peran sebagai penyelamat perekonomian dalam negeri.

Isi yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang adalah....
A. Kita dihadapkan dengan tantangan dalam menggeliatkan pasar domestik
B. Negara-negara lain tidak menanamkan modalnya
C. Permintaan dari negara-negara tujuan ekspor akan merosot tajam
D. Menggeliatkan pasar domestik harus dihindari
E. Produksi dalam negeri menjadi primadona di negeri sendiri

29. Cermatilah paragraf berikut!
Tanah basah bekas hujan masih basah. Cuaca masih mendung dan udara .... Tampak orang .... berselimut menutupi tubuhnya dengan kain sarung. Memang ..... di kampung itu setiap pagi seperti itu.

Frasa yang tepat untuk melengkapi paragraf deskriptif tersebu adalah ....
A. Dingin sekali, banyak sekali, sudah kebiasaan
B. Cukup nyaman, sangat indah, senang sekali
C. Lebih menarik, sanagt indah, tidak disangka
D. Cukup segar, sangat banyak, tidak mungkin
E. Sanagt mempesona, sangat banyak, telah terjadi

30. Cermati paragraf berikut!
Setiap tanaman yang kita tanam harus dirawat dan dipupuk serta disiram dengan air yang secukupnya agar tanaman tersebut tumbuh subur, berbunga dan berbuah. Diharapkan, hasilnya bagus, berkualitas, serta kita dapat menikmatinya. Begitu pula dengan manusia. Manusia sejak bayi dirawat, diberi gizi secukupnya, serta perhatian dan kasih sayang. Ia juga dididik dengan baik agar menjadi anak yang berguna .....


Simpulan analogi yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....
A. Jelaslah, tanaman sangat memerlukan gizi sama halnya sengan gizi  anak
B. Jadi, perawatan tanaman sangat membutuhkan perhatian yang baik
C. Jadi, merawat dan membesarkan anak dapat diibaratkan seperti  merawat tanaman
D. Artinya, orang tua berkewajiban merawat dan membesarkan  anaknya.
E. Jelaslah, anak memang perlu dirawat, disayangi serta dididik dengan  baik.

31. Cermati paragraf berikut! 
Dalam sebuah angket budi pekerti yang diedarkan oleh guru BK di kelas XII IPS 2, diketahui bahwa Joko, Slamet, dan Sisilia selalu berkunjung ke pantai asuhan dua bulan sekali. Kemudian Malik, Bonar, dan cecep adalah anak-anak yang segera tanggap menggalang bantuan sosial jika mendengar terjadi musibah di suatu daerah. Begitu pula dengan Acong, Ahmad, dan Badu. Dari angket diketahui, ketiga anak ini suka bersedekah untuk fakir miskin. Selanjutnya teman-teman sekelas lainnya adalah anak-anak yang ringan hati menyumbang jika ada teman sekelas yang tidak mampu membayar iuran sekolah. ...
Kalimat simpulan generalisasi yang tepat untuk paragraf tersebut adalah ....
A. Jadi, anak-anak kelas XIII IPS 2 wajib bederma kepada fakir miskin.
B. Jadi, anak-anak kelas XII IPS 2 berjiwa sosial tinggi.
C. Jadi, dapat dikatakan anak-anak kelas XII IPS 2 suka menolong teman sekelas.
D. Oleh karena itu, anak-anak kelas XII IPS 2 merupakan anak-anak yang baik.
E. Oleh karena itu, seluruh anak kelas XII IPS 2 suka berkunjung ke pantai asuhan.
32. Cermatilah silogisme berikut!
PU : Siswa SMA di daerah kami mengenakan seragam pramuka setiap hari   Rabu.
PK : Dani adalah siswa SMA di daerah kami.
K : Dani mengenakan seragam pramuka setiap hari Rabu. 

Kalimat entimem yang tepat berdasarkan silogisme tersebut adalah ...
A. Dani adalah siswa SMA di daerah kami yang setiap hari Rabu mengenakan seragam pramuka
B. Dani adalah siswa SMA di daerah kami karena ia mengenakan seragam pramuka setiap hari Rabu.
C. Dani mengenakan seragam pramuka setiap hari Rabu karena ia adalah siswa SMA di daerah kami.
D. Dani mengenakan seragam pramuka setiap hari Rabu karena SMA di daerah kami mewajibkannya.
E. Dani adalah siswa SMA di daerah kami yang selalu mengenakan seragam pramuka setiap hari.

33. Cermatilah paragraf berikut!
  Kesuksesan orang tidak datang begitu saja. ... seseorang akan maju bila dirinya mau bekerja keras. Hal ini akan terlihat dari ... yang dilakukannya. Di samping itu, dia berani melakukan ...
Kata baku yang tepat melengkapi paragraf tersebut adalah ....
A. Kariir, aktipitas, inopasi-inopasi
B. Karir, aktifitas, inovasi-inovasi
C. Karier, aktipitas, inovasi-novasi
D. Karier, aktipitas, inopasi-inopasi
E. Karier, aktivitas, inovasi-inovasi

34. Cermatilah kalimat berikut! 
Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.
Bagian yang harus diperbaiki dalam penutup surat tersebut adalah ...
A. Kata ucapkan diganti menjadi menghaturkan banyak.
B. –nya pada perhatiannya diganti menjadi Bapak/Ibu.
C. Frasa atas perhatiannya diganti menjadi atas kesediaannya.
D. Sebelum kata perhatiannya seharusnya ditambah dengan kata kesediaan dan.
E. Frasa saya ucapkan seharusnya diucapkan beribu-ribu.

35. Kalimat pembuka yang tepat untuk surat balasan tentang pertemuan orang  tua/wali murid adalah....

A.  Membalas Surat Ibu tertanggal 21 Januari 2014 tentang pertemuan  orang tua/wali murid, kami sampaikan jawaban sebagai berikut.
B. Menjawab Surat Ibu tertanggal 21 Januari 2014 tentang pertemuan orang  tua/wali murid, berikut kami sampaikan jawaban atau pertanyaan Ibu.
C. Bersama ini perkenankanlah kami menjawab pertanyaan Ibu yang  diucapkan pada Surat Ibu tertanggal 21 Januari 2014.
D. Surat Ibu tertanggal 21 Januari 2014 tentang pertemuan orang tua/wali  murid kami sudah menerima. Sehubungan dengan hal ini, berikut kami  sampaikan jawaban atas pertanyaan Ibu.
E. Surat Ibu tertanggal 21 Januari 2014 tentang pertemuan orang tua/wali    murid sudah kami terima. Sehubungan dengan hal ini, berikut kami    sampaikan jawaban atas pertanyaan Ibu.


36. Cermati ilustrasi rencana kegiatan OSIS berikut!
Untuk merealisasikan program tahunan berkaitan dengan peringatan kelahiran R.A. Kartini, OSIS SMA Pratama akan menyelenggarakan kegiatan bedah buku karya sastra beberapa wanita. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 19 April 2014, pukul 10.00 – 13.00 di Aula SMA Pratama. Untuk menyukseskan acara ini, panitia peringatan hari Kartini akan menghadirkan beberapa narasumber dan mengundang seluruh anggota OSIS.
Penulisan pemerian yang tepat untuk surat undangan berdasarkan ilustrasi rencana kegiatan OSIS tersebut adalah ...
A. hari : sabtu 
tanggal : 19 April 2014
pukul : 10.00 – 13.30
acara : bedah buku
B. Hari : Sabtu, 
tanggal : 19 April 2014
pukul : 10.00 – 13.30
acara : bedah buku
C. Hari : Sabtu 
tanggal : 19 April 2014
pukul : 10.00 – 13.30
acara : Bedah buku
D. Hari : Sabtu 
tanggal : 19 April 2014
pukul : 10.00 – 13.30
acara : bedah buku
tempat : Aula SMA Pratama
E. Hari : Sabtu, 
tanggal : 19 April 2014
pukul : 10.00 – 13.30,
acara : bedah buku.
tempat : Aula SMA Pratama


37. Cermatilah paragraf berikut!
Ombak yang bergulung lembut sore itu benar-benar menunjukkan pesona. Perahu dengan warna-warni menghias diorama nyata alam terbuka. Kilau rona kemuning bias sinar matahari sore. Sementara itu, wajah kecut wanita mudah berpaling bahwa pesona keindahan alam tidak mau berpihak pada kisah asmaranya. Pemuda yang telah melukis kisah indah di hatinya ternyata tega berkhianat. Tinggallah kekecewaan, di hatinya. Ia telah terpedaya oleh ... pemuda itu.
Ungkapan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ...
A. Buah bibir
B. Kebahagiaan semu
C. Mulut manis
D. Mata hati
E. Kelembutan hati

38. Cermatilah paragraf berikut
Hari baru mulai bekerja dan mendapat gaji yang memuaskan. Akan tetapi, ia sangat boros dan tidak bisa mengatur pengeluaran. Setiap bulan gajinya tidak pernah bersisa. Bahkan kekurangan. Ibunya sudah sering menasihatinya agar berhemat dengan menabungkan sebagian gajinya setiap bulan. Tabungan itu kelak dapat dipergunakan bila suatu ketika kehabisan uang.
Peribahasa yang sesuai dengan nasihat ibu dalam paragraf tersebut adalah ...
A. Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung
B. Lain ladang lain belalang, lain lubuk lain ikannya.
C. Ada jangan dimakan, kalau tak ada, baru dimakan.
D. Sekali merangkuh dayung, dua, tiga pulau terlampaui.
E. Tak kayu jenjang dikeping, tak emas bungkal diasah.

39. Perhatikan kutipan resensi berikut!
Judul  : Para Pahlawan Terhebat Pengubah Indonesia
Penulis : Radis Bastian
Penerbit : Palapa, Yogyakarta
Cetakan  : Juli, 2013
Tebal : 383 halaman
ISBN : 978-602-255-189-8

Buku Para Pahlawan Terhebat Pengubah Indonesia ini memaparkan 100 tokoh pahlawan di Indonesia dari beberapa lini kehidupan Indonesia. Akan tetapi, yang pasti masih ada banyak tokoh pahlawan Indonesia yang tak mungkin dibahas dalam buku setebal 383 halaman ini. Dan dari seratus tokoh pahlawan di Indonesia Bastian membagi pada sembilan bagian dalam buku ini. Salah satu di antaranya yang sembilan adalah bidang politik dan pemerintah, beberapa tokohnya adalah B.J Habibie, Soekarno, Mohammad Hatta, Soeharto, Soedirman dan masih banyak yang lain. Ada juga di bidang Agama dan Politik yang tokoh-tokohnya Hasyim Asyari, Ahmad Dahlan, Abdurrahman Wahid serta Tan Malaka, Nurcholis Majid, dam lainnya. Ada Bung tomo sebagai pahlawan di bidang aktivis. Di bidang jurnalisme ada Jakob Oetama serta banyak tokoh pahlawan lainnya yang tak mungkin saya sebutkan di tulisan yang singkat ini.
Tokoh-tokoh yang disebutkan di atas patut kita jadikan sebagai pahlawan. Merekalah yang telah membawa kita pada kondisi yang serba mudah seperti sekarang ini. Tanpa pengorbanan dan perjuangan yang berdarah-darah sedikit kemungkinan kita merasakan nikmatnya kebebasan baik secara fisik ataupun mentalitas kebangsaan.
Selain itu, buku yang mencatat sebagian pergerakan atau perjalanan para pahlawan ini sangat penting untuk dibaca setiap kalangan. Setidaknya sebagai referensi khazanah pengetahuan kita tentang bangsa dan negara, tentang siapa yang membangunnya hingga sekarang kita jaya. Sebuah pernyataan dasar, namun sangat penting untuk ditanyakan.
Muhammad Rasyidi, Mahasiswa Fakultas Ushuluddin
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Kalimat resensi yang mengatakan tingkat keterbacaan atau kecocokan isi bagi pembacanya adalah....
A. Tokoh-tokoh yang disebut di atas patut kita jadikan pahlawan.
B. Buku “Para Pahlawan Terhebat Pengubah Indonesia” memaparkan 100  pahlawan dari beberapa llini kehidupan.
C. Buku yang mencatat sebagian pergerekan atau perjalanan para pahlawan  ini penting dibaca semua kalangan.
D. Sebuah pertanyaan dasar, namun sangat penting untuk ditanyakan.
E. Dan dari seratus tokoh pahlawan Indonesia Bastian membagi pada  sembilan bagian dalam buku ini.

40. Bacalah paragraf berikut!
Angin dapat menerbangkan topi Anda dan bahkan dapat merobohkan pohon. Ribuan tahun yang lalu, manusia menggunakan kincir air untuk memompa air. Saat ini, mesin modern yang dikenal dengan turben angin digunakan untuk membuat energi listrik. Untuk menghasilkan banyak energi listrik, beberapa alat tersebut ditempatkan secara bersama-sama pada sebuah arena yang banyak terdapat pergerakan angin. Wilayah yang baik untuk menempatkan alat ini adalah diperbukitan, daerah terbuka, atau dipinggiran pantai.
Perbaikan pemakaian istilah bercetak miring pada paragraf tersebut adalah...
A. Kincir angin, turbin angin, area
B. Kuatan angin, tenaga arus, tempat
C. Daya tarik, bola putar, ruang
D. Kekuatan motor, turbin angin, wilayah
E. Daya tarik, turbin angin, areal

41. Cermatilah paragraf berikut!
Kami bersiap-siap untuk mengikuti pelajaran Bahasa Indonesia. Pelajaran hari ini adalah ... Isi puisi Khairil Anwar yang berjudul “Pahlawan Tak Dikenal” lalu kami melanjutkan dengan ... kritik terhadap puisi tersebut dengan mengacu kepada penjelasan yang telah diberikan guru, yaitu bagaimana .... secara positif dan negatif.
Kata yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah....
A. Menelaah, menulis, mengkritik
B. Ditelaah, ditulis, dikritik
C. Pentelaah, penulisan, ditulis
D. Mentelaah, tulisan, kritikan
E. Penelaah, penulisan, pengkritikan
42. Perhatikan dialog berikut!
Parjo : “Saya mau berhenti dari kerjaan ini!” (sambil mengepalkan tangan    penuh kemarahan).
Rahmat : “Ada apa Jo, mbok yang sabar! Kenapa?” (berkata rendah)
Parjo : “Apa yang aku lakukan kok salah”. (suaranya meninggi)
Rahmat : “Jo, kau kan sudah hapal dengan sifatnya” (merendahkan)
Parjo : “...”
Rahmat : “Ya, itulah yang selalu dilakukan pada kita, tidak menghargai hasil    kerja orang lain.”

Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang dialog tersebut  adalah ....
A. Ingin rasanya aku memukul wajahnya yang selalu tampak  menjengkelkan/
B. Dia memang selalu memandang orang lain dengan sebelah mata.
C. Sebetulnya ia orang yang rendah diri karena dia tidak berpendidikan  tinggi.
D. Dia selalu berhati-hati kalau memperbaiki mobilnya di bengkel.
E. Maksudmu, kita harus mengalah terus dan mengakui keunggulannya?

43. Cermatilah pantun berikut!
Pergi berlibur ke pantai
Pulangnya naik odong-odong
Jadilah anak yang pandai
....

Larik yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut adalah ...
A. Jangan selalu tolong menolong
B. Perangai baik dan tidak sombong
C. Punya teman suka menolong
D. Jangan bicara omong kosong
E. Punya otak jangan bolong
44. Cermati topik karya ilmiah berikut!
Topik Karya Ilmiah: Belajar sevara efektif dan efisien.
   Kalimat rumusan masalah yang sesuai dengan topik tersebut adalah ....
A. Bagaimana cara belajar efektif dan efisien?
B. Mengapa orang perlu belajar efektif dan efisien?
C. Siapa saja yang wajib belajar secara efektif dan efisien?
D. Perlukah para siswa belajar secara efektif dan efisien?
E. Benarkah para siswa perlu belajar secara efektif dan efisien?

45. Cermatilah kalimat topik karya ilmiah berikut!
Topik: Pengaruh Facebook terhadap Prestasi Belajar Siswa
Kalimat latar belakang yang sesuai dengan topik tersebut adalah....
A.  Ada kecenderungan siswa bermain facebook ketika pelajaran  berlangsung.
B. Facebook membantu siswa mendapatkan teman yang banyak.
C. Kejenuhan belajar siswa dapat diatasi dengan bermain facebook.
D. Facebook mempermudah siswa berkomunikasi dengan teman sekelas  lain.
E. Melalui Facebook, siswa mudah membagi-bagi jawaban kepada  teman.

46. Bacalah penggalan naskah pidato berikut dengan seksam!
Teman-teman, 
Tanpa disadari, setiap hari kita menghirup berbagai radikal bebas. Kita begitu lekat dengan banyak pemicu radikal bebas seperti polusi pabrik, rokok, asap kendaraan bermotor, paparan sinar matahari, dan makanan yang berbahan kimia. Radikal bebas mengacu pada molekul yang relatif tidak stabil di dalam sel. Molekul bersifat reaktif; karena itu dalam mencari pasangan, elektronnya seringkali “mencuri” dari sel tubuh lain. Kondisi inilah yang merusak sel dari sel tubuh lain. Kondisi inilah yang merusak sel tubuh sehingga kita mulai rentan terhadap serangan penyakit jantung koroner, kanker, penuaan dini, penurunan daya ingat, dan katarak. Salah satu cara untuk menangkal radikal bebas tersebut dengan mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan ....
Kalimat persuasif yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....
A. Karena itu banyak-banyaklah makan-makanan yang dapat  melarutkan lemak dengan cepat.
B. Karena itu, makanlah makanan yang banyak menggunakan bumbu  dapur seperti bawang putih dan cabai hijau untuk melawan kanker.
C. Karena itu, makanlah sayur-sayuran dan buah-buahan yang  merupakan makanan yang memiliki antioksidan untuk menangkal  radikal bebas.
D. Maka, hindarilah kesibukan yang menyebabkan kita harus makan  seadanya atau mengonsumsi makanan siap saji setiap hari.
E. Maka jaga dan bebaskan diri kita dari radikal bebas dengan  menggunakan pakaian yang dapat melindungi tubuh dari paparan  tersebut.

47. Bacalah dengan cermat puisi berikut!
Salju
Oleh: Wing Karjo
Ke manakah pergi
Mencari matahari
Ketika salju turun
Pohon kehilangan daun
Ke manakah jalan
Mencari lindungan 
Ketika tubuh kuyup
Dan pintu pun tertutup
Ke manakah lagi
Mencari api
Ketika bara hati
Padam tak berarti
Ke manakah pergi
Selain mencuci diri

Kalimat kritik yang sesuai dengan penggunaan diksi dalam larik puisi tersebut adalah ....
A. Penyair menggunakan kata-kata yang sangat lazim sehingga mudah  memahami puisi secara gamblang.
B. Penggunaan kata bermakna simbolik harus dipahami pembaca untuk  memaknai isi puisi dengan baik.
C. Begitu membaca puisi si pembaca dengan cepat dapat menangkap isi  secara langsung.
D. Banyak menggunakan kata berulang-ulang perlu dihindari penyair.
E. Diksi yang disajikan tidak memiliki makna dan hanya permainan  bunyi.

48. Penulisan judul yang sesuai dengan EYD adalah ....
A. Peningkatan Swa Sembada Pangan
B. Perhatian pada Wawasan Kebangsaan dan Swa Sembada Pangan
C. Penanganan Swa Sembada Pangan oleh Petani
D. Pemberdayaan Petani dalam Peningkatan Swasembada Pangan
E. Peningkatan Kesejahteraan Bangsa Dengan Swasembada Pangan.

49. Bacalah penggalan puisi berikut!
Aku datang dari laut
....
Rumahku perahu meniti ombak
Menempuh duka dan kegembiraan
Menerjemahkan ayat-ayat Tuhan
(Sri Wahyuning Sa’ada)


Larik bermajas yang tepat untuk melengkapi larik yang rumpang pada puisi  tersebut adalah ....
A. Di terik matahari dan rembulan
B. Diasuh badai dan ditimbang gelombang
C. Kulihat tanda-tanda di raut muka
D. Menuju cahaya di gerbang rumah
E. Kayu terapung di air ombak

50. Cermatilah kutipan esai berikut!
Pengajaran sastra di sekolah dari hari ke hari semakin sarat dengan persoalan. Keluhan dati para guru dan sastrawan tentang rendahnya tingkat apresiasi sastra menjadi bukti konnkret persoalan dan pembelajaran sastra di sekolah. Persoalan yang dimaksud di antaranya pengetahuan dan kemampuan dasar para guru di bidang kesastraan sangat terbatas, buku dan bacaan penunjang di sekolah juga terbatas, kurikulum yang hanya menempelkan pembelajaran sastra pada pembelajaran Bahasa Indonesia, serta minat siswa terhadap sastra sangat rendah. .....
Simpulan paragraf tersebut adalah ....
A. Banyak sekali siswa yang tidak mau belajar.
B. Sangat sulit memahami karya sastra itu.
C. Sungguh menyenangkan belajar sastra itu.
D. Pembelajaran sastra di sekolah bermasalah.
E. Ternyata tidak hanya sastra yang bermasalah. 

0 komentar: