Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2!
Industri kimia seperti alkohol, dalam proses pembuatannya mencemari lingkungan. Akibatnya, limbah cair yang dikeluarkan ke lingkungan sekitarnya menjadi sangat besar pula. Air limbah ini mengandung mikroorganisme, senyawa organik, dan anorganik (baik terlarut maupun tersuspensi), serta senyawa tambahan yang terbentuk selama proses fermentasi berlangsung. Industri ini mempunyai limbah cair dari proses produksinya, air sisa pencucian peralatan, limbah padat berupa onggokan hasil perasan, endapan CaSO4, serta gas berupa uap yang mencemari air dan udara. Airnya, air limbah alkohol bersifat mencemari dan merusak lingkungan.
1. Simpulan paragraf tersebut adalah ..
A. Limbah industri termasuk limbah yang mencemari air dan udara.
B. Industri kimia menghasilkan limbah cair yang dapat mencemari lingkungan.
C. Air limbah alkohol bersifat mencemari dan merusak lingkungan.
D. Selain limbah cair, limbah industri memiliki limbah padat.
E. Limbah cair dari industri kimia terjadi saat proses fermentasi.
2. Tujuan penulis dalam paragraf tersebut adalah ...
A. Agar masyarakat hati-hati terhadap limbah apa pun dan di mana pun berada.
B. Menginformasikan bahwa limbah industri kimia dapat mencemari air dan udara.
C. Mengajak industri mendaur ulang limbah pabrik yang dihasilkannya.
D. Agar pengelola industri memberi perhatian terhadap limbah padat mereka.
E. Menjelaskan bahaya proses fermentasi terhadap diri seseorang.
Cermatilah tabel berikut untuk menjawab soal nomor 3 dan 4!
Rekapitulais Jenjang Lanjutan Siswa SMA Garuda
| |||||||||
Tahun Pelajaran 2012-2013
| |||||||||
Kelas
|
Unair
|
ITS
|
Unesa
|
UI
|
UGM
|
ITB
|
Unpad
|
Lain-lain
|
Jml
|
XII IPA-1
|
10
|
7
|
4
|
2
|
4
|
6
|
2
|
3
|
38
|
XII IPA-2
|
8
|
11
|
2
|
3
|
3
|
3
|
2
|
6
|
38
|
XII IPA-3
|
10
|
8
|
5
|
2
|
4
|
4
|
-
|
5
|
38
|
XII IPA-4
|
8
|
9
|
4
|
3
|
3
|
3
|
2
|
6
|
38
|
XII IPA-5
|
9
|
8
|
4
|
2
|
4
|
6
|
2
|
3
|
38
|
XII IPS-1
|
11
|
6
|
6
|
2
|
4
|
2
|
2
|
5
|
38
|
XII IPS-2
|
12
|
9
|
-
|
7
|
6
|
-
|
-
|
4
|
38
|
XII IPS-3
|
11
|
8
|
4
|
5
|
4
|
-
|
2
|
4
|
38
|
Jumlah
|
77
|
68
|
28
|
27
|
32
|
24
|
12
|
36
|
304
|
3. Kalimat pernyataan yang sesuai dengan isi tabel tersebut adalah ....
A. Siswa lulus SMA Garuda lebih banyak memilih jurusan teknik daripada umum.
B. Siswa IPS lebih banyak diterima di Unair daripada siswa IPA.
C. Jumlah siswa SMA Garuda lebih banyak diterima di ITB daripada di UI.
D. Perguruan tinggi yang paling banyak menerima siswa SMA Garuda adalah ITS.
E. Kelas XII IPS 1 adalah kelas yang siswanya paling sedikit diterima di ITS.
4. Simpulan isi tabel tersebut adalah ...
A. Jumlah siswa SMA Garuda lebih banyak diterima di Perguruan Tinggi di Surabaya daripada di luar Kota Surabaya.
B. Jumlah siswa lulus SMA Garuda lebih banyak diterima di Unpad daripada ITB.
C. Jumlah lulusan siswa IPS SMA Garuda yang diterima di Unair paling banyak jumlahnya dibandingkan perguruan tinggi yang lain.
D. Jumlah lulusan siswa SMA Garuda baik jurusan IPA maupun IPS lebih banyak diterima di ITB daripada di UI.
E. Jumlah lulusan siswa kelas XII IPS 2 paling banyak jumlahnya diterima di UI diikuti oleh siswa kelas XII IPA 2.
Kutipan tajuk rencana berikut untuk menjawab soal nomor 5 dan 6.
Bacalah dengan seksama!
Badan Pusat Statistik memasukkan pangan sebagai penentu garis kemiskinan. Oleh karena itu, pemerintah berkepentingan menjaga harga pangan selalu stabil. Program Presiden dalam masa jabatan keduanya adalah memastikan ada cadangan beras sepuluh juta ton yang harus diusahakan dari produksi dalam negeri. Keuntungan memproduksi sendiri pangan di dalam negeri adalah menghindarkan ketergantunagn dari impor sehingga Indonesia memiliki ketahanan dan kedaulatan pangan. Memproduksi pangan di dalam negeri memberikan lapangan kerja di desa dan kota melalui kegiatan di ladang hingga industri pengolahan.
5. Opini redaksi yang terdapat dalam kutipan tajuk rencana tersebut adalah .....
A. Pangan bukan sebagai penentu bagi garis kemiskinan.
B. Pemerintah berkepentingan menjaga harga pangan selalu stabil.
C. Presiden memastikan Indonesia memiliki cadangan beras.
D. Produksi pangan Indonesia selalu stabil dan terkendali.
E. Indonesia sudah memiliki ketahanan dan kestabilan pangan.
6. Pihak yang dituju oleh redaksi dalam tajuk rencana tersebut adalah ....
A. Perusahaan
B. Pengimpor
C. Pemerintah
D. Masyarakat
E. Pedagang
Teks berikut untuk soal nomor 7 s.d. 9. Bacalah dengan seksama!
(1)Sepertinya banyak yang menaruh harapan tinggi kepada ganda campuran untuk mempersembahkan gelar juara di India Terbuka Super Series. (2) Ganda campuran itu berambisi meraih gelar ketiga kalinya di India. (3) Di semi final kemarin, Aprilia, satu-satunya tunggal putri Indonesia kandas di tangan unggulan kedua asal Jerman, Juliant Schenk, 21-18, 21-18. (4) Banyak yang mengakui permainannya terlalu monoton dan seringkali membuat kesalahan sendiri. (5) Permainan depan juga diduga dilakukan terburu-buru untuk mematikan bola.
7. Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
8. Kalimat yang berisi fakta terdapat pada nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
9. Makna istilah turnamen dalam paragraf tersebut adalah ....
A. Pertandingan olahraga yang menggunakan bola
B. Festival ganda campuran beregu
C. Pertandingan antar regu pria dan wanita
D. Pertandingan yang diikuti beberapa regu
E. Lomba olahraga dilaksanakan beregu.
10. Bacalah paragraf berikut dengan seksama!
(1) Cuaca ekstrem akhir-akhir ini dengan panas yang sangat menyengat memang dirasakan masyarakat. (2) Udara di siang hari yang mencapai 34-35 derajat Celcius membuat orang gerah. (3) Berdasarkan data Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gangguan sistem cuaca di atmosfer akhir-akhir ini disebabkan oleh gangguan trofis dampak menghangatnya suhu muka laut perairan Indonesia. (4) Selain itu, juga faktor La Nina yang masih berlangsung hingga saat ini. (5) Oleh karena itu, kondisi ini membuat masyarakat berbondong-bondong membeli alat-alat elektronik berupa kipas angin dan AC.
Kalimat yang tidak padu dalam paragraf tersebut terdapat pada kalimat nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
Teks berikut untuk soal nomor 11 dan 12. Bacalah dengan seksama!
Dengan segala potensi yang dimilikinya itu, televisi telah mendatangkan banyak perdebatan yang tidak kunjung berakhir. Bagi orang dewasa, mungkin apa yang ditampilkan oleh televisi itu bukanlah sebuah masalah besar sebab mereka sudah mampu memilih, memilah, dan memahami apa yang ditayangkan di layar televisi. Namun, bagaimana dengan anak-anak? Dengan segala kepolosan yang dimilikinya, belum tentu mereka mampu menginterpretasi apa yang mereka saksikan di layar televisi dengan tepat dan benar. Padahal, Keith W. Mielke sebagaimana dikutip oleh Arini Hidayati dalam bukunya berjudul Televisi dan Perkembangan Sosial Anak mengatakan bahwa masalah paling medasar bukanlah jumlah jam yang dilewatkan si anak untuk menonton televisi, melainkan program-program yang ia tonton dan bagaimana para orang tua serta guru memanfaatkan program-program ini untuk sedapat mungkin membantu kegiatan belajar mereka.
11. Ide pokok paragraf tersebut adalah ...
A. Banyaknya perdebatan acara televisi
B. Ketidakmampuan anak menginterpretasi tontonan
C. Perdebatan peran televisi bagi anak
D. Pemanfaatan program televisi untuk belajar anak
E. Jumlah jam tontonan televisi untuk anak
12. Mengapa televisi menjadi bahan perdebatan yang tidak kunjung berakhir?
A. Karena orang tua dan guru khawatir dengan keadaan anak-anak
B. Karena banyaknya program televisi yang tidak mendidik anak-anak
C. Karena orang dewasa dapat memilih dan memilah program yang baik untuk ditonton
D. Karena anak-anak belum mampu menginterpretasi tontonan televisi
E. Karena televisi selalu membawa masalah terhadap anak-anak bangsa.
Cermati penggalan hikayat di bawah ini untuk menjawab soal nomor 13 dan 14!
Maka di dalam antara menteri yang banyak itu ada seorang menteri yang tua dari pada menteri yang banyak itu. Maka ia pun berkata, “Maka segala menteri dan hulu balang itu pun tersenyum seraya berkata, “Jika sungguh tuan hamba bersaudarakan hamba sekalian ini, dengan tulus dan ikhlas, hendaklah tuan hamba katakan, jika apa sekalipun.” Setelah itu maka menteri tua itu pun berkatalah, katanya, “Bahwasannya hamba ini mendengar, tatkala hamba lagi kecil dahulu, perkataan mahrum yang tua itu; maka sabdanya, mahrum itu “Adapun akan negeriku ini, jiaklau tiada lagi rajanya, maka hendaklah dilepaskan raja olehmu, supaya sentosa di dalam negri ini.” Setelah didengar oleh sekalian menteri dan hulubalang itu akan kata menteri itu, maka sekaliannya pun berkenalah di dalam hatinya kata itu.
13. Karakteristik sastra Melayu berupa kemustahilan dalam kutipan tersebut adalah ...
A. Pemilihan raja ditentukan oleh seekor gajah.
B. Raja yang turun tangan dalam memilih penggantinya.
C. Ketidaksentosaan dalam sebuah negeri yang dipimpin raja yang baik.
D. Keberatan raja yang menyerahkan gajah saktinya kepada menteri.
E. Sebuah negeri yang dipimpin oleh seekor gajah.
14. Nilai budaya yang terkandung dalam kutipan sastra Melayu Klasik tersebut adalah ...
A. Melakukan pemilihan raja berdasarkan adat kebiasaan di zaman pendahulunya.
B. Menurunkan tahta kerajaan kepada generasi garis keturunan raja.
C. Kebiasaan Tuan Putri tidak boleh berbicara bila berhadapan dengan seorang raja.
D. Anggaplah bahwa seorang raja harus dihormati dan didengar perintahnya.
E. Seorang menteri dan hulubalang raja tidak boleh menentang perintah raja.
Cermatilah kutipan berikut ini untuk menjawab soal nomor 15 dan 16!
Ir. H. Joko Widodo lahir di Surakarta, 21 Juni 1961, merupakan alumnus UGM. Sejak 15 Oktober Jokowi menjabat sebagai Gubernur DKI. Tokoh yang jujur dan selalu bekerja keras ini dikenal dengangaya blusukannya ke plosok ibukota. Berbagai penghargaaan telah beliau raih, antara lain ia termasuk salah satu tokoh terbaik dalam pengabdian kepada masyarakat.
Sebagai tokoh seni dan budaya, beliau dinilai palang bersih dari korupsi. Namun demikian, usahanya di bidang upah minimum provinsi (UMP) mengalami kendala oleh tindakan buruh yang memanggil kembali perwakilannya saat sidang berlangsung. Buah dari pertemuan tersebut dewan pengupah menetapkan UMP sebesar Rp 2,2 juta.
15. Keteladanan Jokowi pada kutipan wacana tersebut adalah ....
A. Alumni UGM yang cinta seni dan budaya
B. Gemar blusukan ke plosok wilayahnya
C. Mengadakan pertemuan dengan dewan pengupah
D. Menjadi tokoh seniman terkemuka di DKI Jakarta
E. Menerima berbagai penghargaan dan gelar
16. Masalah yang dihadapi tokoh Joko Widodo berdasarkan paragraf tersebut adalah ...
A. Jokowi mengundurkan diri dari calon presiden pada tahun 2014
B. Jokowi mengundurkan diri dari anggota DPRD Surakarta
C. Jokowi harus bekerja keras untuk membangun Provinsi DKI Jakarta
D. Tindakan buruh yang memanggil kembali perwakilannya saat sidang berlangsung.
E. Budaya blusukan Jokowi ke pelosokan ibukota sering ditentang oleh masyarakat DKI Jakarta.
17. Cermatilah gurindam berikut!
Apabila mendengar khabar
Menerimanya itu hendaklah sabar
Maksud isi gurindam tersebut adalah ...
A. Janganlah mendengar khabar sembarangan jika ingin menjadi orang sabar.
B. Tidak boleh menerima kahabar yang tidak jelas jika kita tidak sabar.
C. Cernalah setiap khabar yang kita terima dengan pikiran yang jernih.
D. Bersabarlah dalam menerima khabar walaupun sangat menyakitkan kita.
E. Jiak mendengar khabar hendaknya menerima dengan gembira.
18. Cermatilah puisi berikut!
SEPISAUPI
Sepisau luka sepisau duri
Sepikul dosa sepukau sepi
Sepisau duka sepisau diri
Sepisau sepi sepisau nyanyi
Sepisaupa sepisaupi
Sepisapanya sepikau sepi
Sepisaupa sepisaupi
Sepikul diri keranjang duri
Sepisaupa sepisaupi
Sepisaupa sepisaupi
Sepisaupa sepisaupi
Sampai piasuNya ke dalam nyanyi
(Sutardji Calzoum Bachri)
Ciri paling dominan yang terdapat dalam puisi kontemporer tersebut adalah
A. Keberbedaan wujud bait yang digunakan penyair.
B. Penggunaan simbol-simbol pengganti sesuatu yang dimaksudkan.
C. Mengungkapkan keadaan yang sebenarnya atau secara gamblang.
D. Ketidaklaziman dalam menggunakan pasangan kata.
E. Pencampuradukkan bahasa resmi dengan bahasa sehari-hari.
Cermatilah puisi berikut untuk menjawab soal nomor 19 s.d. 21!
Sinar
Di sudut hitam itu
Kulihat betapa tajam sinarmu
Menusuk hati dan jiwaku
Namun apa daya
Ketika kucoba menangkapnya
Sinar itu menghilang bagai ditelan badai
Hari ini pun meredup
Bagai malam ditinggalkan rembulan
Tak ada harapan
Tak ada sinar
Dan sinar itu tak akan kembali
(Rian Ardiani)
19. Puisi tersebut menggambarkan suasana ....
A. Kebimbangan
B. Kekecewaan
C. Kebahagiaan
D. Ketakutan
E. Keheningan
20. Makna lambang kata sinar dalam puisi tersebut adalah...
A. Cahaya terang
B. Tujuan hidup
C. Harapan hidup
D. Tantangan hidup
E. Ketenangan hidup
21. Maksud larik terakhir puisi tersebut adalah ....
A. Harapan untuk memiliki seorang yang dikagumi dan dicintai.
B. Keingainan untuk memiliki seseorang yang menjadi dambaan hati.
C. Keinginan untuk mencintai seseorang, tetapi banyak hambatan.
D. Usaha untuk memiliki orang yang dicintai mendapat tantangan.
E. Kekecewaan seseorang karena gagal mendapatkan sesuatu yang diinginkan.
Kutipan novel berikut untuk mengerjakan soal nomor 22 s.d. 24. Bacalah dengan seksama!
Seperti biasa, Bapak Sukonto Legowo siap mengajar lagi. Ia bawa buku-bukunya melewati lorong kelas yang sudah sering dilewatinya hampir selama dua puluh tahun. Dinding-dinding yang sama tua dengannya, koyakan dinding tua yang terkelupas seakan menyapa ramah Matahari sore yang bersinar lemah di antara daun-daun tinggi taman kampus ikut tersenyum ramah. Matahari seakan juga ikut bercerita kepada daun-daun taman kampus, kepada gedung kampus, juga kepada buku yang dibawa sang dosen, betapa selama ini sang dosen telah menjadikan seseorang bisa berjalan dalam dunia ilmu ke tingkat selanjutnya, membuatkan anak tangga pengetahuan ke setiap anak manusia yang dibimbingnya. Bagaimanapun sang dosen telah berbuat banyak dalam melestarikan ilmu pengetahuan, betapa sang dosen telah banyak menyentuh kehidupan di sekitarnya, dan betapa sedikit manusia yang mengetahui dan menghargainya.
(5 cm, Donny Dhirgantoro)
22. Watak tokoh Sukonto Legowo dalam kutipan tersebut adalah ....
A. Rajin dan ramah sekali
B. Lugu dan jujur
C. Santun dan setia
D. Jujur dan sabar
E. Sabar dan bertanggung jawab
23. Watak tokoh Sukonto Legowo dalam kutipan tersebut dideskripsikan melalui cara...
A. Dialog antartokoh
B. Monolog tokoh
C. Suasana sekitar tokoh
D. Tingkah laku tokoh
E. Uraian langsung
24. Kutipan tersebut memiliki latar cerita dunia pendidikan. Hal tersebut dibuktikan dengan pemakaian kata-kata .....
A. Kampus, dosen, mengajar
B. Dosen, ujian, buku
C. Gedung, taman, lorong
D. Kelas, buku, pengetahuan
E. Matahari, dunia ilmu, dosen
Kutipan cerpen berikut untuk soal nomor 25 dan 26. Bacalah dengan seksama!
“Bahkan ibu bersedia pergi kepada apa yang disebut orang-orang pintar, dari satu pulau ke pulau lain. Padahal, ibu begitu benci pada ilmu mistik. Ibu tidak percaya pada semua yang tidak masuk akal. Namun, banyak yang menasehati ibu harus percaya dan mencobanya juga. Maklumlah alam timur masihpenuh dengan hal-hal gaib, termasuk hal-hal yang berkaitan dengan mistik. Semuanya itu ibu lakukan untuk mendapatkan engkau Maniek. Betapa ibu mendambakan kelahiranmu, Nduk.
(Rumah Tanpa Cinta, Titiek W.S)
25. Keterkaitan watak tokoh ibu seorang yang bimbang pada kutipan tersebut dengan kehidupan sehari-hari adalah ....
A. Pasrah pada kehendak yang Mahakuasa
B. Prinsip seseorang akhirnya tergoyah mendengarkan nasihat orang
C. Berusaha keras dan berserah diri kepada Tuhan
D. Bersemangat karena ingin mendapatkan anak secara medis
E. Menjunjung tinggi logika dalam berusaha mendapatkan anak
26. Konflik yang terdapat dalam kutipan tersebut adalah..
A. Harus menemui orang yang disebut orang-orang pintar
B. Tokoh ibu yang tidak percaya pada semua yang tidak masuk akal
C. Tokoh ibu menuruti kata orang untuk berobat kepada orang pintar
D. Keinginan untuk segera mendapatkan keturunan
E. Tidak mempercayai mistik, tetapi tetap melakukan pekerjaan itu.
27. Cermati kutipan naskah drama berikut!
01 Senah : “kau belum tidur juga? Kukira sudah larut malam.
Beristirahatlah, besok kan hari kerja”
02 jamil : “Sebentar Saenah. Seluruh tubuhku memang sudah lelah,
Tetapi pikiranku masih mengambang ke sana ke mari. Biasa, kan aku begini malam-malam.”
03 Saenah : “Baiklah. Tapi boleh aku ketahui apa yang kau pikirkan malam ini?”
04 Jamil : “Semuanya. Semua apa yang kupikirkan selama ini sudah terekam dalam buku harianku, Saenah. Perjalanan hidup seorang guru muda yang ditempatkan di daerah terpencil, seperti ini kini merupakan lembaran-lembaran terbuka bagi semua orang.”
05 Saenah : “Kenapa baru kini kau beritahukan hal ini kepadaku? Kau seakan-akan menyimpan suatu rahasia. Atau memang rahasia?”
Masalah yang dibicarakan dalam kutipan naskah drama tersebut adalah .....
A. Kesulitan tidur malam pada seorang
B. Perjalanan seorang guru di sebuah desa
C. Kelelahan seorang guru muda
D. Suatu rahasia guru muda
E. Penempatan seorang guru di daerah terpencil
28. Perhatikan paragraf berikut!
Peradaban bangsa terkait erat dengan karakter positif hasil pendidikan di suatu bangsa. Suatu bangsa akan sukses menggapai kemajuannya jika mayoritas warganya berkarakter positif. Namun sebaliknya, jika warganya berkarakter negatif. ... Hal ini dikarenakan suatu bangsa yang warganya berkarakter positif sudah memiliki modal dasar untuk menggapai kemajuan, seperti sifat jujur, mandiri, bekerja keras, patuh pada peraturan, bisa dipercaya dan lain-lain.
Isian yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang adalah...
A. Bangsa itu sulit membangun pradaban yang baik dan kuat
B. Dapat dipastikan bangsa itu tidak bisa maju
C. Kemandirian bangsa itu tidak membanggakan
D. Kemajuan bangsa itu akan semakin terpacu
E. Bangsa itu cenderung melakukan hal-hal yang menyimpang
29. Cermatilah paragraf berikut!
Kita wajib menjaga lingkungan kita masing-masing. Masalah lingkungan akhir-akhir ini ... permasalahan dunia. Hampir semua negara di dunia memasukkan masalah lingkungan kedalam perencanaan pembangunan termasuk negara Indonesia. Masalah lingkungan ... dan tidak sekadar masalah pencemaran. Pembahasan mengenai masalah ini tidak dapat dipisahkan dari orang-orang yang terlibat di dalamnya, termasuk ... sebagai salah satu unsurnya.
Frasa untuk melengkapi paragraf tersebut adalah...
A. Bukan menjadi, kurang sekali, banyak remaja
B. Belum menjadi, besar sekali, remaja sekalian
C. Telah menjadi, sangat luas, para remaja
D. Akan menjadi, sangat kecil, semua remaja
E. Tidak menjadi, kurang luas, sebagian remaja
30. Bacalah paragraf berikut dengan seksama!
Sebatang lidi ternyata sangat rapuh, mudah dipatahkan dan dihancurkan. Namun, bila beberapa batang lidi disatukan menjadi seikat sapu lidi, ia akan menjadi sanagt kuat dan sulit dipatahkan. Ia juga akan dapat berguna untuk membersihkan halaman yang kotor. Manusia yang hidup seorang-seorang atau secara individu ternyata juga sangat mudah dipengaruhi orang lain. Cita-citanya akan mudah dihancurkan. Namun, bila ia hidup bersatudengan kelompoknya, ia akan dapat mewujudkan cita-citanya itu karena teman-temannya menolongnya. Ia pun tak akan mudah dihasut sehingga kehidupannya akan tetap tenag dan sentosa. Sekelompok manusia yang bersatu akan mudah menghalau orang-orang jahat yang ada di sekitarnya. ...
Kalimat simpulan analogi yang tepat untuk paragraf tersebut adalah ...
A. Jelaslah, bahwa sebatang lidi yang mudah dipatahkan sama dengan manusia yang individualistis.
B. Jadi, sekelompok manusia yang bersatu dapat disamakan dengan fungsi sapu lidi membersihkan kotoran
C. Jadi, cita-cita manusia taidak akan mudah dipatahkan bila manusia itu meniru sifat sapu lidi.
D. Jelaslah, bahwa persatuan yang kuat pada manusia dapat diibaratkan dengan seikat sapu lidi.
E. Jadi, sapu lidi merupakan kumpulan lidi yang sulit dipatahkan atau dihancurkan manusia.
31. Cermatilah paragraf berikut!
Jawa dan madura yang luasnya 6,7% dari luas Indonesia dihuni oleh 60% penduduk Indonesia. Kepadatan penduduk di Jawa kurang lebih 900 orang perkilo meter per sergi. Di wilayah semarang mencapai 1.832 orang per kilo meter per segi. Kepadatan penduduk ini sangat luar biasa bedanya dengan wilayah Indonesia lainnya. Di Papua kepadatan hanya 4 orang per kilo meter per segi. Bahkan di Kabupaten Merauke yang luasnya hampir sama dengan Pulau Jawa, penduduknya hanya 270.000 orang, kepadatannya hanya 2 orang per kilo meter per segi.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi pargaraf generalisasi tersebut adalah...
A. Jadi, penduduk Pulau Jawa lebih banyak daripada Sumatera
B. Jadi, penduduk Pulau Jawa perlu dipindahkan ke Papua
C. Jadi, penyebaran penduduk Indonesia tidak merata
D. Jadi, pemerintah harus melaksanakan program transmigrasi
E. Jadi, Pulau Jawa adalah daerah yang makmur penduduknya.
32. Cermatilah silogisme berikut!
PU : Semua peserta kegiatan karnaval itu mendapat uang saku dan uang transport
PK : Reni merupakan salah satu peserta kegiatan karnaval itu.
K : Reni mendapat uang saku dan uang transpor.
Kalimat entimen yang tepat berdasarkan silogisme tersebut adalah ....
A. Reni mendapat uang saku dan uang transpor yang cukup karena semua peserta kegiatan karnaval itu mendapat uang saku dan uang transpor
B. Reni mendapat uang saku dan uang transpor karena ia merupakan salah satu peserta kegiatan karnaval itu.
C. Reni merupakan salah satu peserta kegiatan karnaval itu yang mendapat uang saku dan uang transpor.
D. Reni mendapat uang saku dan uang transpor yang cukup untuk mengikuti kegiatan karnaval itu.
E. Reni merupakan salah satu peserta kegiatan karnaval itu karena ia mendapat uang saku dan uang transpor.
33. Cermatilah paragraf berikut!
Kesuksesan orang tidak datang begitu saja. ... seseorang akan maju bila dirinya mau bekerja keras. Hal ini akan terlihat dari ... yang dilakukannya. Di samping itu, dia berani melakukan ...
Kata baku yang tepat melengkapi paragraf tersebut adalah ....
A. Kariir, aktipitas, inopasi-inopasi
B. Karir, aktifitas, inovasi-inovasi
C. Karier, aktipitas, inovasi-novasi
D. Karier, aktipitas, inopasi-inopasi
E. Karier, aktivitas, inovasi-inovasi
34. Cermatilah kutipan kalimat berikut!
Atas perhatiannya tidak lupa saya mengucapkan terima kasih.
Bagian yang harus diperbaiki dari kalimat penutup surat tersebut adalah....
A. Kata ganti “nya” pada kata “perhaiannya” diganti dengan Bapak atau Ibu. Di belakang Bapak atau Ibu diberi koma(,) dan kata “tidak lupa” dihilangkan.
B. Kelompok kata “tidak lupa” dihilangkan, tanda titik di akhir kalimat dibuang, dan diganti dengan tanda baca titik koma (;).
C. Kata ganti “nya” pada “perhatiannya” ditulis “perhatian-Nya” lalu diberi koma dibelakangnya dan tanda titik di akhir kalimat dibuang.
D. Di belakang kata “perhatiannya” diberi tanda koma (,) dan kelompok kata “tidak lupa” dihilangkan dan tanda titik di akhir kalimat dihilangkan.
E. Kata ganti-“nya” pada kata “perhatiannya” diganti dengan Bapak/Ibu, lalu di belakangnya diberi tanda baca titik dua (:) kelompok kata “tidak lupa” dibuang.
35. Kalimat pembuka yang tepat untuk surat pernyataan pengiriman barang yang tidak disertai lampiran adalah...
A. Kami memberitahukan tentang buku “Panduan Penyusunan Laporan Penelitian” yang Saudara minta segera kami mengirim.
B. Kami beritahukan bahwa buku “Panduan Penyusunan Laporan Penelitian” yang Saudara minta segera kami kirim.
C. Bersama ini kami beritahukan bahwa buku “Panduan Penyusunan Laporan Penelitian” yang Saudara minta segera kami kirim.
D. Dengan ini kami beritahu bahwa buku “Panduan Penyusunan Laporan Penelitian” yang saudara minta segera kami kirim.
E. Memberitahukan kepada Saudara bahwa buku “Panduan Penyusunan Laporan Penelitian” yang Saudara minta segera kami kirimkan.
36. Cermati ilustrasi berikut!
Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan, OSIS SMAN 10 akan menyelenggarakan kegiatan kunjungan ke Taman Makam Pahlawan yang diwakili para pengurus kelas. Untuk merealisasikan kegiatan tersebut, OSIS mengundang pengurus kelasa agar hadir pada hari Senin, 5 Oktober 2013 bertempat di ruang aula guna membahas rencana kegiatan tersebut.
Penulisan pemerian yang tepat dalam surat undangan berdasarkan ilustrasi tersebut adalah ....
A. Hari/ Tanggal : Senin, 5 Oktober 2013
Pukul : 08.00 s/d 12.00
Tempat : Aula SMAN 10
B. hari, tanggal : Senin, 5 Oktober 2013
pukul : 08.00 - 12.00
tempat : Aula SMAN 10
C. HARI/ TANGGAL : Senin, 5 Oktober 2013
PUKUL : 08.00 - 12.00
TEMPAT : AULA SMAN 10
D. hari/ tanggal : Senin, 5 Oktober 2013
tempat : AULA SMAN 10
pukul : 8.00-12.00
E. Hari, tanggal : Senin, 5 Oktober 2013
Pukul : 8.00 - 12.00
Tempat : AULA SMAN 10
37. Bacalah paragraf dengan seksama!
“tolaklah kejahatan itu dengan cara yang lebih baik.” Kita harus dapat menunjukkan rasa dengki dengan emosi yang terkendali, kesabaran yang menyejukkan, dan menentramkan. Tatkala menerima kata-kata kotor tetaplah tenang, bila perlu anggap saja kata-kata itu sebagai angin lalu yang tidak pernah kembali. Walaupun, kata-kata itu sungguh membuat ...., sangat menyakitkan hati.
Uangkapan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ...
A. Muka tembok
B. Tangan dingin
C. Rendah hati
D. Hati bimbang
E. Naik darah
38. Perhatikan ilustrasi berikut!
Sebagai pelayan sebuah restoran Rani selalu hati-hati dlaam bertutur kata dan berbuat melayani pelanggan. Dalam dirinya telah tertanam untuk senantiasa menghormati dan menghargai setiap pengunjung yang datang. Tidak ingin pelanggan menjadi kecewa dan kabur karena tutur kata dan perbuatannya yang mengecewakan. Seperti kata pribahasa...
Pribahasa yang sesuai untuk melanjutkan paragraf tersebut adalah...
A. Harimau mati meninggalkan belang, gajah mati meninggalkan gading
B. Kuman di seberang tampak, gajah di pelupuk mata tak tampak
C. Maksud hati memeluk gunung, apa daya tangan tak sampai
D. Berat sama dipikul, ringan sama dijinjing.
E. Berjalan peliharakan kaki, berkata peliharakan lidah.
39. Bacalah kutipan berikut!
Novel Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi yang merupakan novel terlaris ini, menceritakan kisah lima orang sahabat yang mondok disebuah pesantren yaitu Pondok Madani (PM). Novel terlaris ini merupakan novel pertama dari trilogi bercerita tentang dunia pendidikan khas pesantren, lengkap dengan segala pernak-pernik kehidupan para santrinya.
Alif Fikri adalah seorang yang sangat menginginkan sekolah SMA Bukit tinggi Sumatera Barat dengan berbekal nilai ujian yang lumayan bagus. Namun mimpinya seakan sirna, mausnah tak berbekas, karena Amaknya tidak mengizinkan. Beliau ingin alif sekolah di Madrasah Aliyah yang berbasis agama, dengan alasan Amak ingin Alif menjadi Ustad (Ulama). Dengan setengah hati, Alif menerima keinginan Amaknya untuk sekolah agama.
Awal mulanya dia sangat kaget dengan segala peraturan kuat dan kegiatan pondok. Untunglah, dia menemukan sahabt-sahabat dari berbagai daerah yang benar-benar menyenangkan. Niatnya setalah kini telah menjadi bulat. Di bawah menara PM inilah mereka berlima jsutru menciptakan mimpi-mimpi lewat imajinasinya menatapi langit dan merangkai awan-awan akan mantra ampuh yang mereka dapatkan dari Kyai Rais (Guru Besar PM), yaitu man jadda wajada, siapa yang bersungguh-sungguh akan berhasil.
Membaca novel ini mampu mengubah pola pikir kita tentang kehidupan pondok yang hanya belajar agama saja. Karena dalam novel ini selain belajar ilmu agama, ternyata juga belajar ilmu umum seperti Bahasa Inggris, Arab, Kesenian dll. Pelajaran yang dapat dipetik adalah jangan perna meremehkan sebuah mimpi setinggi apapun itu, karena Allah maha mendengar doa dari umat-Nya.
(Sumber:htttp://.eviwidi:wordpress.com)
Kalimat yang menayatakan keunggulan novel ini adalah ....
A. Novel Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi yang merupakan novel terlaris ini menceritakan kisah lima orang sahabat yang mondok di pesantren Pondok Madani.
B. Alif Fikri adalah seorang yang sangat menginginkan sekolah di SMA Bukit tinggi Sumatera Barat dengan berbekal nilai ujian yang lumayan bagus.
C. Di bawah menara Pondok Madani inilah mereka berlima jsutru menciptakan mimpi-mimpi lewat imajinasi lewat api langit dan merangkai awan-awan menjadi negeri impian.
D. Novel terlaris ini merupakan novel pertama dari trilogi yang secara apik bercerita tentang dunia pendidikan khas pesantren, lengkap dengan segala pernak-pernik kehidupan para santrinya.
E. Amak ingin alif sekolah di Madrasah Aliyah yang berbasis agama, dengan alasan Amak ingin Alif menjadi Ustad.
40. Cermatilah paragraf berikut!
Klinik kecantikan “Bunda” akan menyelenggarakan seminar kecantikan. Tamu yang hadir akan mendapatkan pelayanan gratis pemeriksaan kulit wajah, konsltan kesehatan kulit dan beberapa hadiah menarik. Bahkan mereka melayani pembuatan tatto alis mata dan bibir, penanaman bulu mata, dan lain-lain untuk menambah kecantikan seseorang.
Istilah yang tepat untuk mengganti kata yang bercetak miring pada paragraf tersebut adalah ...
A. Konsul, tatoo
B. Konsultasi, tatto
C. Konsultasi, tato
D. Konsultatif, tatoan
E. Konsuler, menato
41. Cermatilah paragraf berikut!
Kami bersiap-siap untuk mengikuti pelajaran Bahasa Indonesia. Pelajaran hari ini adalah ... Isi puisi Khairil Anwar yang berjudul “Pahlawan Tak Dikenal” lalu kami melanjutkan dengan ... kritik terhadap puisi tersebut dengan mengacu kepada penjelasan yang telah diberikan guru, yaitu bagaimana .... secara positif dan negatif.
Kata yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah....
A. Menelaah, menulis, mengkritik
B. Ditelaah, ditulis, dikritik
C. Pentelaah, penulisan, ditulis
D. Mentelaah, tulisan, kritikan
E. Penelaah, penulisan, pengkritikan
42. Perhatikan dialog berikut!
Parjo : “Saya mau berhenti dari kerjaan ini!” (sambil mengepalkan tangan penuh kemarahan).
Rahmat : “Ada apa Jo, mbok yang sabar! Kenapa?” (berkata rendah)
Parjo : “Apa yang aku lakukan kok salah”. (suaranya meninggi)
Rahmat : “Jo, kau kan sudah hapal dengan sifatnya” (merendahkan)
Parjo : “...”
Rahmat : “Ya, itulah yang selalu dilakukan pada kita, tidak menghargai hasil kerja orang lain.”
Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang dialog tersebut adalah ....
A. Ingin rasanya aku memukul wajahnya yang selalu tampak menjengkelkan/
B. Dia memang selalu memandang orang lain dengan sebelah mata.
C. Sebetulnya ia orang yang rendah diri karena dia tidak berpendidikan tinggi.
D. Dia selalu berhati-hati kalau memperbaiki mobilnya di bengkel.
E. Maksudmu, kita harus mengalah terus dan mengakui keunggulannya?
43. Cermatilah pantun berikut!
Pergi berlibur ke pantai
Pulangnya naik odong-odong
Jadilah anak yang pandai
....
Larik yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut adalah ...
A. Jangan selalu tolong menolong
B. Perangai baik dan tidak sombong
C. Punya teman suka menolong
D. Jangan bicara omong kosong
E. Punya otak jangan bolong
44. Cermatilah karya ilmiah berikut!
Topik: Pengaruh Kegiatan Ekstrakuliler terhadap Pembentukan Keperibadian Siswa
Kalimat rumusan masalah yang tepat sesuai dengan topik tersebut adalah..
A. Mengapa ada naggapan kegiatan ekstrakulikuler menurunkan prestasi belajar siswa?
B. Apakah kegiatan ekstrakulikuler membuat siswa malas belajar?
C. Bagaimana pengaruh kegiatan ekstrakulikuler terhadap pembentuka pribadi siswa?
D. Mengapa siswa perlu aktif dalam kegiatan ekstrakulikuler di sekolah?
E. Apakah kegiatan ekstrakulikuler membuat siswa kurang disiplin?
45. Cermatilah topik karya tulis berikut!
Topik karya tulis: Pemeliharaan hutan tropis peneyelamat dunia.
Kalimat latar belakang yang sesuai dengan topik tersebut adalah...
A. Kebakaran hutan dari tahun ke tahun makin meningkat sehingga banjir besar sering terjadi dimana-mana.
B. Perlu ditumbuhkan kesadaran bagi masyarakat yang tinggal di tepi hutan agar tidak seenaknya merambah hutan.
C. Penebangan hutan dan kebakaran hutan dari tahun ke tahun makin meningkat sehingga iklim dunia makin panas.
D. Penebangan hutan sebaiknya secara cermat agar tidak terjadi penggundulan hutan yang mengakibatkan iklim makin panas.
E. Pemerintah sebaiknya mengawasi penebangan hutan yang dilakukan oleh pemegang HPH sehingga tidak terjadi penggundulan hutan secara membabi buta.
46. Baca cermat naskah pidato berikut!
Bapak/Ibu yang terhormat,
Minggu depan para siswa akan mengikuti Ujian Nasional. Ujian Nasional menjadi salah satu tolak ukur kemampuan putra putri Bapak/Ibu. Kami selaku pihak sekolah wajib bekerja sama dengan Bapak/Ibu selaku orang tua para siswa. ...
Kalimat persuasif yang tepat untuk melengkapi naskah pidato tersebut adalah...
A. Marilah, kita bimbing anak-anak kita dan kita ciptakan suasana yang kondusif untuk belajar, baik di rumah maupun di sekolah.
B. Keberhasilan para siswa tergantung kerja sama pihak sekolah dan pihak orang tua selaku pembimbing yang di rumah.
C. Keberhasilan para siswa dalan ujian nasional juga mencerminkan keberhasilan orang tua di rumah dan bapak/ibu guru di sekolah.
D. Siswa, ornag tua, dan bapak/ibu guru adalah tidak pilar utama untuk meraih keberhasilan bidang pendidikan.
E. Ujian Nasional adalah program pemerintah untuk pemerataan kualitas pendidikan yang perlu dukungan dari semua publik.
47. Bacalah penggalan puisi berikut dengan seksama!
Pandangan Jarak Jauh
Apa yang terjadi di kampungku
Telah menjadi tayangan televisi
Di rumahmu, gambarnya hampir sama
Denagn serial drama yang selalu kau tunggu
Bahkan tangisnya
Hingga teriakan-teriakannya
Sama saja
Keseharian dan riasan begitu susah dibedakan
Seperti lumpur dan papur
(F. Aziz Manna)
Kalimat kritik yang sesuai dengan penggalan puisi tersebt adalah
A. Adanya huruf kapital dan tanda baca pada larik-larik puisi tersebut akan memberikan kebebasan penafsiran.
B. Bahasa yang digunakan sederhana sehingga mudah difahami dan meninggalkan kesan bahwa isi puisi menggambarkan berita tayangan televisi.
C. Pilihan kosakatanya rumit dan kompleks, tetapi tema yang dipilih unik dan langka
D. Kata lumpur menggambarkan kehidupan keseharian masyarakat kelas bawah sedangkan pupur dan riasan menggambarkan masyarakat kelas atas.
E. Isi puisi yang berupa balada dipadu dengan perbandingan dan persajakan yang kompleks menghasilkan puisi yang unik, tetapi sulit dipahami.
48. Penulisan judul yang sesuai dengan EYD adalah ....
A. Peningkatan Swa Sembada Pangan
B. Perhatian pada Wawasan Kebangsaan dan Swa Sembada Pangan
C. Penanganan Swa Sembada Pangan oleh Petani
D. Pemberdayaan Petani dalam Peningkatan Swasembada Pangan
E. Peningkatan Kesejahteraan Bangsa Dengan Swasembada Pangan.
49. Cermatilah puisi berikut!
Cukuplah sudah air mata ini menetes
Tak ingin lagi aku di sampingmu
Sungguh aku ingin menutup pintu hatiku
Melupakanmu semampu aku
Aku merasa jatuh
...
Perlahan kucoba menepi
Walau terasa tak berdaya lagi.
Larik bermajas untuk melengkapi puisi tersebut adalah....
A. Tenggelam di samudra luas tak bertepi
B. Di tepi jalan raya yang sangat ramai
C. Duduk termenung sendiri di sore hari
D. Kekuatan yang tiba-tiba menghilang
E. Banyak orang yang merasa kasihan kepadaku.
50. Cermatilah kutipan esai berikut!
Pengajaran sastra di sekolah dari hari ke hari semakin sarat dengan persoalan. Keluhan dati para guru dan sastrawan tentang rendahnya tingkat apresiasi sastra menjadi bukti konnkret persoalan dan pembelajaran sastra di sekolah. Persoalan yang dimaksud di antaranya pengetahuan dan kemampuan dasar para guru di bidang kesastraan sangat terbatas, buku dan bacaan penunjang di sekolah juga terbatas, kurikulum yang hanya menempelkan pembelajaran sastra pada pembelajaran Bahasa Indonesia, serta minat siswa terhadap sastra sangat rendah. .....
Simpulan paragraf tersebut adalah ....
A. Banyak sekali siswa yang tidak mau belajar.
B. Sangat sulit memahami karya sastra itu.
C. Sungguh menyenangkan belajar sastra itu.
D. Pembelajaran sastra di sekolah bermasalah.
E. Ternyata tidak hanya sastra yang bermasalah.

ada kunci jawabannya gak?
BalasHapus